Senin, 01 Juni 2015

Program Quest2.0

Preview Program Quest2.0

Preview Program Quest2.0

Assalamualaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuhu

Teman-teman, program macro excel kita kali ini bernama Quest2.0. Program ini adalah pengembangan dari program Quest1.0 dengan sedikit pengembangan supaya lebih user friendly.

Program ini digunakan untuk melakukan riset atau survey dengan basis internet dimana responden mengisi kuesioner dalam bentuk file (bukan pengisian kuesioner melalui kertas). Biasanya yang sering kita lakukan adalah dengan membuat kuesioner dalam bentuk file microsoft word kemudian responden kita minta mengisi dengan memberi warna jawaban atau memberi tanda silang dsb. Kemudian file tersebut dikembalikan ke kita lalu kita SECARA MANUAL MENGINPUT hasil kuesioner tersebut agar bisa diolah. Bayangkan saja jika yang harus diinput ratusan file tentu sangat melelahkan dan memakan waktu.

Untuk menghemat waktu dan tenaga maka dibuatlah program ini. Dengan program ini anda TIDAK PERLU MENGINPUT KUESIONER SECARA MANUAL. Tinggal tekan tombol dan anda langsung mendapatkan tabel hasil input kuesioner yang rapi yang siap anda masukkan dalam SPSS atau program lainnya.

Untuk menggunakan program ini yang harus anda lakukan adalah:
  1. Membuat kuesioner dalam bentuk Excel. Untuk satu pertanyaan siapkan satu cell khusus untuk menjawab pertanyaan tersebut.
  2. Kirim file tersebut ke responden.
  3. Setelah semua file dikembalikan masukkan semua file tersebut ke folder Data di program ini.
  4. Isi input yang diperlukan di dalam program (letak dari jawaban dalam kuesioner misalnya di sheet 1 cell c3, dst lihat contoh) dan ikuti petunjuk di dalamnya.
Untuk percobaan sudah saya siapkan 5 data sampel, jadi anda bisa langsung mencoba.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat, ditunggu kritik dan sarannya.

Rizky Luxianto
(rizky.lux@gmail.com)

Program bisa didownload di link di bawah ini.
http://www.mediafire.com/file/rzzmm3d2mjy/Quest2.0.zip
http://ifile.it/qej7ln0/quest2.0.zip

*File Excel ini mengandung program Macro. Jika anda tidak bisa menjalankannya berarti setting security untuk macro di Excel anda High. Agar anda bisa menjalankannya setting security ke Medium. Untuk Excel 2003 caranya adalah klik Tools – Macro – Security lalu pilih Medium OK. Setelah itu anda save lalu buka lagi, jika ada pertanyaan pilih Enable. Untuk Excel 2007 lebih mudah, biasanya ketika file yang anda buka mengandung macro maka di sebelah atas akan muncul security warning, di sana ada option yang bisa diklik. Anda klik option lalu pilih enable dan anda langsung bisa menjalankan program tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar