Selasa, 02 Juni 2015

Bikin Game di Excel




Assalamualaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuhu

Teman-teman, kali ini saya posting tentang program macro excel. Iseng-iseng saya coba buat Game di Excel. Game sederhana tapi lumayan seru untuk melatih analisis dan ingatan. Ada tiga jenis Game sederhana yang ada di file berikut yang tersaji dalam Excel. Lumayan buat ngilangin stress (apa malah bikin stress ya). Ya cobain aja dah. Buat yang seneng excel programming kodenya monggo/silahkan di lihat-lihat.

Ini review sedikit game yang ada di sini:
  1. Game tebak angka. Misi teman-teman adalah menebak 4 angka acak yang sudah disediakan komputer. Ada 10 kali kesempatan yang diberikan. Di setiap kesempatan menebak akan ada petunjuk berupa keterangan dari 4 angka tebakan berapa yang tepat angkanya, dan dari angka tersebut berapa yang tepat urutannya. Dengan keterangan tersebut, seharusnya teman-teman bisa menebak angkanya dalam 10 kali tebakan. Ssssttttt..... Dari percobaan teman-teman saya sendiri, seingat saya rekornya dalam 5 kali tebakan sudah berhasil..... Bagaimana dengan temen-temen?
  2. Game tebak jalur. Teman-teman memiliki misi untuk berjalan langkah demi langkah dari start sampai finish. Nah jalurnya berbentuk kotak-kotak, dan ada jebakan-jebakan di dalamnya. Begitu kena jebakan maka teman-teman harus kembali ke start dan meniti lagi jalan ke finish. Jadi teman-teman harus ingat mana tadi jalur benar yang sudah di ambil dan jalur salah yang jangan sampai terjebak lagi..... Jadi kira-kira game ini sesuai dengan peribahasa "Keledai tidak akan jatuh di lubang yang sama dua kali".... 
  3. Game tebak urutan. Nah game ini menguji sejauh mana ingatan teman-teman. Jadi akan ada kotak-kotak. Lalu akan muncul warna di salah satu kotak. Level satu akan muncul warna satu kali di salah satu kotak. Berikutnya teman-teman diminta menebak warna tadi muncul di kotak yang mana. Jika benar akan lanjut ke level selanjutnya dimana warna akan muncul dua kali. Dan teman-teman harus menebak lagi dimana munculnya dan dengan urutan yang harus sama. Dan seterusnya setiap naik level, maka jumlah kemunculannya makin banyak. Kalau di bawah level 10 masih mudah, kalau udah lebih dari 10 baru ingatan terasa diuji, tadi munculnya dimana saja ya..... Ayo bisa sampai berapa teman-teman....

Kalo ada kritik dan saran kirim ke

rizky.lux@gmail.com

Untuk download klik link di bawah ini

http://www.mediafire.com/file/ytfmhnjeynl/Game.zip
http://ifile.it/byrcjmp/game.zip

*File Excel ini mengandung program Macro. Jika anda tidak bisa menjalankannya berarti setting security untuk macro di Excel anda High. Agar anda bisa menjalankannya setting security ke Medium. Untuk Excel 2003 caranya adalah klik Tools – Macro – Security lalu pilih Medium OK. Setelah itu anda save lalu tutup (close) lalu buka lagi filenya, jika ada pertanyaan pilih Enable. Untuk Excel 2007 lebih mudah, biasanya ketika file yang anda buka mengandung macro maka di sebelah atas akan muncul security warning, di sana ada option yang bisa diklik. Anda klik option lalu pilih enable dan anda langsung bisa menjalankan program tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar