Rabu, 03 Juni 2015

Edu-Game Excel: Mengenal Huruf Latin

Preview EduGame Mengenal Huruf
Preview EduGame Mengenal Huruf Latin


Assalamualaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuhu

Teman-teman, program macro excel kita kali ini tentang Edu-Game anak-anak mengenal huruf. Karena si Ahmad (dulu bikinnya, he....he....) lagi waktunya belajar baca, jadi nyoba ngembangin game anak-anak buat belajar dan ternyata memungkinkan. Jadi ini saya share hasil Edu-Game anak-anak pertama saya tentang mengenal huruf. Kritik dan saran sangat di tunggu lho biar EduGame anak-anak ini semakin baik.

Sekilas tentang Edu-Game ini pada dasarnya adalah game pengenalan huruf, tapi si anak dilatih juga mengenal warna (merah, hijau, biru, kuning), hitungan angka (1 sampai 3), dan latihan motorik (menggerakan mouse). Jadi sangat diperlukan peran aktif dan interaksi dari orang tua supaya latihan ini menjadi optimal, hitung-hitung sebagai alat bermain orang tua bersama anak.

Seperti terlihat di gambar, di kotak atas akan muncul huruf random, tergantung level. Kalau level 2 berarti hurufnya yang mungkin muncul cuma "a" dan "b". Jika level 5 yang mungkin muncul "a" hingga "e". Berikutnya di 9 kotak bawahnya akan muncul juga huruf random. Si anak diminta meng-klik dari 9 kotak di bawah, mana saja yang hurufnya sama dengan kotak yang di atas (bisa lebih dari satu kotak) sambil orang tua mengenalkan ini huruf "a", "b", dst. Bila anak berhasil menebak semua huruf yang ada maka akan mendapatkan bintang warna-warni (warnanya random) untuk mengenalkan warna. Juga bisa dihitung ada berapa itu hurufnya dari 1 sampai maksimal 3 saja untuk mengenalkan angka. Untuk memotivasi disediakan juga rekap berapa jumlah bintang yang sudah di dapat si kecil.

Selamat mencoba.

Kalo ada kritik dan saran kirim ke
rizky.lux@gmail.com

Untuk download klik link di bawah ini

http://www.mediafire.com/file/jruzymjnxnd/EduGame-huruf(abc).zip
http://ifile.it/f9phw6x/edugame-huruf_abc_.zip

*File Excel ini mengandung program Macro. Jika anda tidak bisa menjalankannya berarti setting security untuk macro di Excel anda High. Agar anda bisa menjalankannya setting security ke Medium. Untuk Excel 2003 caranya adalah klik Tools – Macro – Security lalu pilih Medium OK. Setelah itu anda save lalu tutup (close) lalu buka lagi filenya, jika ada pertanyaan pilih Enable. Untuk Excel 2007 lebih mudah, biasanya ketika file yang anda buka mengandung macro maka di sebelah atas akan muncul security warning, di sana ada option yang bisa diklik. Anda klik option lalu pilih enable dan anda langsung bisa menjalankan program tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar